Senin, 02 Juli 2012

Profil Pemain : Mehmet Topal (2010-2012)

Mehmet Topal
Mehmet Topal (lahir 3 Maret 1986 di Malatya) adalah pemain sepak bola asal Turki yang bermain untuk Fenerbahçe di Lig Süper.  

Dia adalah gelandang bertahan dan memiliki julukan Örümcek (Spider), karena kemampuannya untuk menggunakan kaki yang panjang untuk memenangkan bola longgar.

Topal memulai karir sepak bola di Malatya sejak ia berusia 3 tahun. Pada tahun 2002, Topal masih bermain di tim muda Malatya, ia lalu dipindahkan ke Canakkale Dardanelspor. Dia bergabung dengan Galatasaray pada bulan September 2006 pada usia 20, setelah sebelumnya bermain untuk klub Dardanelspor lapis kedua untuk empat musim. Ia bermain secara sporadis di musim pertamanya dengan Gala, membuat hanya segelintir penampilan. Dia telah menandatangani kontrak dengan Galatasaray
bersama Junichi Inamoto .

Karir Klub 
Galatasaray 
Dia bergabung dengan Galatasaray pada bulan September 2006 pada usia 20, setelah sebelumnya bermain untuk klub Dardanelspor lapis kedua selama empat musim. Ia bermain secara sporadis di musim pertamanya dengan Gala, membuat hanya segelintir penampilan.  

Dia telah menandatangani kontrak dengan Galatasaray bersama Junichi Inamoto. Cedera yang dialami rekan setimnya Tobias Linderoth, membuat Topal mendapatkan kesempatan di tim utama. Ia menjadi pilihan pertama.


Topal sangat berterima kasih atas bantuan pelatih asal Swedia, katanya: "Dia banyak membantu saya, menceritakan tentang daerah saya harus meningkatkan dan bagaimana untuk melakukannya. Sayangnya, saya mendapat kesempatan saya melalui cedera tapi aku ingin dia pulih pada waktu sesingkat mungkin ".

Pada bulan April 2008 ia memperpanjang kontraknya dengan Galatasaray selama lima tahun dan akan berakhir pada Mei 2013.
Pada akhir musim 2007-08, ia memenangkan gelar Lig Süper dengan Galatasaray dan disebut sampai dengan tahun 2008 skuad Euro Turki.

Pada jendela transfer musim panas 2008, ada rumor seputar pindah ke Everton di Liga Primer, dengan David Moyes rupanya tertarik untuk membawa Topal ke Goodison Park.
Namun, diyakini bahwa Galatasaray menolak langkah tersebut.

Valencia 
Topal telah menghabiskan awal musim 2009-10 dengan cedera tapi bermain di Valencia sama bangganya dengan di Galatasaray.

Setelah spekulasi sepanjang musim tentang keberangkatan Topal dari Galatasaray, akhir dia secara resmi menandatangani kontrak dengan Valencia pada 12 Mei 2010 untuk biaya diyakini berada di wilayah 5.5M. €

Pada tanggal 14 September 2010, Topal melakukan debut melawan Bursaspor di
Liga Champions babak penyisihan grup. Dia mencetak gol pertamanya untuk Valencia melawan Sporting Gijón pada tanggal 25 September 2010.

Pada tanggal 17 Februari 2012, Topal mencetak gol kemenangan melawan Stoke dalam pertandingan leg pertama Liga Europa UEFA,
dari hampir 30 meter dari gawang Stoke, secara luas dibicarakan sebagai salah satu gol terbaik turnamen.

Fenerbahçe
Pada 1 Juli 2012 Topal pindah ke Fenerbahce. Topal menandatangani kontrak yang akan berlangsung selama 4 tahun dan dia akan menerima € 2 juta per musim, ditambah bonus.

Mampu bermain sebagai gelandang, bek tengah defensif atau di sisi kanan lapangan tengah juga, Topal dapat menggunakan kedua kaki, tenang di bawah tekanan dan memiliki tendangan keras dari jarak jauh.(wikipedia.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar