Selasa, 12 Februari 2013

Valencia vs Paris Saint Germain: Kelelawar Hitam Siap Terkam PSG

Paris Saint Germain (PSG) harus bersiap-siap gigit jari pada penampilan perdana di fase knockout Liga Champions sejak 1994/95 ketika menghadapi Valencia pada leg pertama di Mestalla, Rabu (13/2/2013).

Pasalnya, Si Kelelawar siap membuyarkan ambisi besar klub kaya karu itu. PSG menjadi sorotan baru di Liga Champions musim ini dengan barisan skuatnya yang berstatus bintang. Nominal besar-besaran tersebut dikeluarkan untuk satu tujuan, yaitu menjadi raja di Perancis dan Eropa. Namun, Le Parisiens bukanlah Barcelona dan Valencia telah siap untuk membuktikan kepada mereka bahwa gelar juara tidak diperoleh secara instan.

Penyerang PSG, Ezequiel Lavezzi, pun sadar apa yang dilontarkan oleh Pereira bukan gertak sambal. Pria asal Argentina tersebut tahu bahwa Valencia berpeluang menghancurkan mimpi mereka apalagi mereka jauh lebih berpengalaman di Liga Champions dibandingkan timnya.

“Saya tahu Valencia akan menuntut rasa hormat. Mereka kuat secara teknis, mereka suka memegang bola dan memanfaatkannya. Kembali ke poin dasar saya, Valencia memiliki banyak pengalaman di Liga Champions. Saya telah belajar dari kompetisi ini bahwa tim-tim dengan pengalaman memiliki keunggulan. Chelsea salah satunya pada musim lalu dan kami harus membayarnya,” kenang Lavezzi terkait kegagalan Napoli musim lalu di situs resmi UEFA. 

Betul apa yang dikatakan Lavezzi mengenai Valencia. Meski ini adalah pertemuan pertama Valencia dengan PSG di kompetisi resmi, Los Che memiliki rekor bagus setiap kali jumpa tim asal Perancis.

Dari enam pertemuan mereka mampu menyapu bersih laga tersebut sejak musim 1992/93. Hanya Nantes satu-satunya klub Perancis yang sanggup mengalahkan Valencia di kompetisi Eropa pada semifinal Piala Winner pada April 1980. Sejak itu, Valencia telah meraih 13 kemenangan dan imbang empat kali.

Yang paling membuat PSG layak merinding adalah catatan belum pernah ada satu pun klub Perancis yang mencatatkan clean sheet setiap kali jumpa Valencia di kompetisi Eropa. Penegasannya adalah Valencia belum terkalahkan dalam sembilan laga di Mestalla pada ajang Liga Champions (menang enam kali, imbang tiga kali) dan mencetak 28 gol selama kurun waktu tersebut.(tribunnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar