Kamis, 07 Maret 2013

Lavezzi vs Soldado: Striker Palsu Kontra Striker Murni

Paris Saint-Germain (PSG) kehilangan ujung tombak mereka, Zlatan Ibrahimovic saat menjamu Valencia, Kamis (7/3/13). Ini mau tak mau membuat tugas Ezequiel Lavezzi menjadi tambah berat. Kebetulan, dia menjadi topscorer sementara untuk PSG dengan empat gol.

Dengan Ibra, tugas Lavezzi sebenarnya lebih mudah. Ini karena Ibra kerap berperan sebagai pengumpan ketimbang menjadi striker. Terbukti, Ibra sudah menyumbang lima assist untuk PSG di Liga Champions.

Lavezzi sendiri bukanlah seorang striker murni. Di Napoli atau timnas Argentina, dia kerap bermain sebagai penyerang sayap kanan. Kelebihannya dalam menggalang penyerangan dari sayap membuat dia mungkin lebih cocok disebut striker palsu.

Artinya, Lavezzi tak melulu hanya menunggu bola, tapi dia juga lebih banyak bergerak ke kanan dan ke kiri untuk mencari bola. Nah, Lavezzi di PSG bakal beradu tajam dengan Roberto Soldado di Valencia.

Soldado boleh disebut sebagai striker murni. Baik timnas Spanyol atau Valencia, dia memiliki gaya bermain bertipikal finisher atau penyelesai akhir. Karena itu, tak jarang dia diplot sebagai striker tunggal di formasi 4-2-3-1 Valencia.

Tentu, jika dibandingkan dengan Lavezzi, torehan gol Soldado lebih banyak. Di Ligue 1, Lavezzi baru mengemas tiga gol saja. Sedangkan Soldado sudah mengemas 13 gol. Namun, statistik tentu tinggal angka-angka saja jika keduanya tak mampu membuktikan ketajaman mereka di lapangan nanti.

Lavezzi kemungkinan besar bakal ditandemkan dengan Kevin Grameiro. Sedangkan Soldado tetap menjadi ujung tombak tunggal. Dia bakal disokong oleh Jonas Gutierez atau Ever Banega. Terdapat beberapa kemungkinan formasi yang diturunkan Valencia.

Jika memakai pola 4-3-2-1, maka Jonas dan Ever Banega bisa langsung dimainkan. Tapi, pola ini terbukti tak ampuh di pertemuan pertama kontra PSG. Sedangkan PSG dengan 4-4-2 bakal menurunkan formasi terbaik. Ancaman berada di sayap yaitu di kaki Lucas Moura di kanan dan Javier Pastore di kiri. Siapa lebih tajam? atau lini kedua masing-masing tim yang unjuk gigi. Pantas ditunggu! (liputanchampions.com)

Head To Head Dua Ujung Tombak
Lavezzi
Soldado
5
Main
5
4
Gol
4
2
Kaki Kanan
4
1
Kaki Kiri
0
0
Kepala
0
6
Tembakan
12
50%
Akurasi
33%
0
Assist
7
6
Merebut Bola
7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar