Senin, 02 Juli 2012

Profil Pemain : David Albelda Aliqués

David Albelda Aliqués
David Albelda Aliqués (lahir 1 September 1977) adalah pemain sepak bola Spanyol yang bermain untuk Valencia CF sebagai gelandang bertahan.

Ia bermain terutama untuk Valencia lokal selama karir profesionalnya yang luas, menjadi kapten tim selama lebih dari satu dekade.


Bergabung dengan tim internasional Spanyol di tahun 2000-an, Albelda memperoleh 51 caps bagi negara, yang mewakili dalam dua Piala Dunia dan di Euro 2004.


Klub karir
Valencia CF

Lahir di La Pobla Llarga, Ribera Alta, Komunitas Valencia, Albelda memulai karirnya sebagai bek tengah bersama Alzira UD lokal dan, setelah melayani dua pinjaman terpisah dengan Villarreal CF, juga di kawasan itu, kembali untuk klub  profesional pertamanya, Valencia CF di musim 1999-2000, memainkan peran utama dalam skuad yang dimahkotai juara La Liga pada 2002 dan 2004, menambah tahun 2004 Piala UEFA. 

Sejak musim panas 2001, dengan keberangkatan Gaizka Mendieta, ia juga dianugerahi kapten tim.Pada tanggal 20 Desember 2007, Albelda, bersama dengan sesama rekan tim Santiago Canizares dan Miguel Ángel Angulo axed dari skuad Valencia dengan pelatih Ronald Koeman Dalam hal kapten, ironisnya ia hanya memperbaharui hubungan dengan Valencia sampai 2011.
 
Sebagai tanggapan, pada tanggal 2 Januari 2008, pengacara Albelda mengklaim bahwa Valencia telah mengabaikan permohonan kliennya untuk mengakhiri kontrak pemain, meskipun ia tidak akan dapat bergabung dengan tim Spanyol untuk sisa musim ini, setelah bermain hanya di-empat pertandingan liga, mempelajari kemungkinan memboyongnya di jendela transfer musim dingin, dengan harapan bebas transfer.


Namun, Pada akhir April 2008, dengan dipecatnya Koeman, ketiganya telah kembali oleh Voro manajer baru dalam skuad yang serius terancam degradasi, dengan lima putaran tersisa. Dia kembali beraksi di babak kedua dari 0-6 jauh kehilangan melawan FC Barcelona pada tanggal 4 Mei, dan menerima pertamanya pasca-pemulihan awal dalam sukses 5-1 jauh di Levante UD pada minggu berikutnya, seperti Valencia matematis ditahan atas status penerbangan.

Untuk 2008-09, Albelda tetap fixture biasa, di samping lini tengah lama pusat rekan setimnya Rubén Baraja. Pada tanggal 10 Januari 2009, ia mencatat kinerja cemerlang di bek kanan, menggantikan Miguel tergantung di sebuah rumah derby 3-3 melawan Villarreal.


Karir Internasional  
Bergabung dengan tim internasional Spanyol sejak 5 September 2001, di kualifikasi Piala Dunia 2002 melawan Liechtenstein, sebuah kemenangan 2-0 dalam pertandingan tandang, Albelda adalah bagian dari skuad Spanyol di tahun 2002 dan 2006 Piala Dunia FIFA. Dia juga bermain di UEFA Euro 2004.

Setelah disingkirkan dari skuad Valencia, Albelda masih dipanggil pada saat tim-nasional spanyol ditangani Luis Aragones, Dia dipanggil untuk persahabatan pada 6 Februari 2008 menghadapi Prancis, tetapi akhirnya tidak mampu tampil di final skuad untuk Euro 2008, saat Spanyol keluar sebagai pemenang.


Selain itu, ia juga memenangkan medali perak di Olimpiade 2000 di Sydney, dan mewakili negaranya pada tahun 1997 World Youth Championship FIFA.(wikipedia.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar